STIA BAYUANGGA POROBOLINGGO

STIA BAYUANGGA POROBOLINGGO
STIA BAYUANGGA PROBOLINGGO

Entri Populer

Senin, 07 Maret 2011

MATERI AWAL ORMEN

ORGANISASI DAN MANAJEMEN
Dosen Pembimbing : Joko Siswantoro


Literature :

1. Dasar-dasar Organisasi
~> Drs. Sutarto

2. Dasar-dasar Organisasi dan Manajemen
~>Sarwoto

3. Pokok-2 Organisasi dan Manajemen
~>Drs.Ibnu Syamsi,SU

4. Azas Manajemen Modern
~>Baru Swastha

5. Analisa Organisasi Modern
~>Drs. Komaruddin

6. Tanya jawab pengantar O & M
~>Ida Indrawati

7. Pengantar studi Ilmu Adm. & Manajemen
~> Soewarno Handayaningrat

8. Manajemen Dasar,Pengertian dan Masalah
~>Drs.Malayu SP, Hasibuan







Pokok-pokok Bahasan Organisasi Manajemen

I. Pendahuluan
II. Hakekat Organisasi
III. Azas / Prinsip Organisasi
IV. Bentuk Organisasi
V. Bagan Organisasi
VI. Fungsi Organisasi
VII. Manajemen
VIII. Perencanaan
IX. Pengorganisasian
X. Pengarahan
XI. Pengawasan

Fungsi Manajemen menurut Terry :
1. Planning
2. Organizing
3. Actuating
4. Controlling

Hubungan antara Organisasi, Administrasi, dan Manajemen

1. Organisasi
2. Administrasi
3. Manajemen
4. Kepemimpinan
5. Kebijakan/Pengambilan Keputusan
6. Komunikasi
7. Tujuan


Organisasi dan Manajemen adalah bagian dari Administrasi.
Inti dari Manajemen adalah Kepemimpinan
Yang bertanggung jawab dalam pengambilan keputusan adalah pemimpin.
Oleh karena itu inti dari kepemimpinan adalah pengambilan keputusan
Dalam proses pengambilan keputusan pimpinan selalu mempertimbangkan dan perlu masukan dari manusia / komunikasi terutama hubungan antara pimpinan dan bawahan.
Dalam hal ini sejauh mana bantuan / masukan dari pihak bawahan / staf kepada pimpinan dalam proses pengambilan keputusan.

Hakekat Organisasi

Pengertian Organisasi :
 sebagai wadah kegiatan dari orang-orang yang bekerjasama dalam usahanya untuk mencapai tujuan
 dkl. Organisasi merupakan sarana untuk mencapai tujuan

Unsur-unsur organisasi :
Sebagai wadah
Adanya kegiatan
Kumpulan orang-orang
Kerjasama
Tujuan

Organisasi ditinjau dari 2 sudut :
1. Sebagai wadah -> sifatnya statis
Sebagai wadah karena setiap orang harus jelas tugas, wewenang dan tanggung jawabnya serta hubungan tata kerjanya.
Sifatnya statis karena organisasi merupakan tempat dimana kegiatan manajemen dilaksanakan dan setiap organisasi memiliki pola struktur yang relatif permanen sifatnya.
Dan wadah ini menunjukkan tempat dan diwujudkan dalam suatu struktur
Sifatnya permanen karena tidak mudah untuk mengubah kedudukan seseorang ~ yang berhubungan dengan tugas.

2. Sebagai proses -> sifatnya dinamis
Sebagai proses karena memperhatikan dan menyoroti interaksi antar orang-orang (anggota organisasi) tanpa melihat pimpinan dan bawahan dalam mengadakan aktivitas dari tata hubungan yang terjadi dalam organisasi, baik hubungan formal maupun informal.
Yang dimaksud aktivitas tata hubungan yaitu hubungan antara pimpinan dan bawahan, pimpinan dengan pimpinan serta bawahan dengan bawahan.
Hubungan formal -> hubungan yang diatur dalam suatu aturan tertentu.
Hubungan informal -> hubungan yang dilakukan diluar organisasi.

Ciri-ciri hubungan formal
1. pengambilan keputusan ditentukan pimpinan
2. saluran komunikasi ditentukan secara komando/perintah
3. wewenang dan tanggung jawab dari atas ke bawah
4. keterlibatan anggota organisasi terbatas ditentukan oleh pimpinan

Ciri-ciri hubungan non-formal
1. inisiatif dari anggota sendiri
2. timbulnya secara alamiah dan spontanitas
3. koohesif ~>mempunyai rasa ketergantungan
4. mempunyai perilaku yang berbeda
5. ukurannya kecil ~> biasanya untuk organisasi kecil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar